Apa itu metaverse

Apa itu Metaverse?

Apa itu metaverse? Secara pengertian umum Metaverse adalah konsep dunia maya dimana orang dapat berkumpul untuk bersosialisasi, bermain dan juga bekerja. Dengan kata lain ini merupakan sebuah dunia digital yang diwakili oleh representasi digital dari orang, tempat dan benda. Secara teknologi metaverse merupakan digital reality yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency.

Dari mana istilah metaverse berasal?

Istilah Metaverse pertamakali disebutkan dalam novel fiksi ilmiah 1992-nya “Snow Crash” karya seorang Penulis bernama Neal Stephenson.  Dia menggunakan metaverse untuk menggambarkan avatar manusia hidup yang bertemu di banguan 3D realistis dan lingkungan virtual reality lainnya.  Sejak saat itu berbagai perkembangan telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk menuju metaverse nyata, yaitu dunia virtual yang menggabungkan augmented reality, virtual reality, avatar holografik 3D, video, dan sarana komunikasi lainnya.

Apa tujuan dari metaverse?

Baik dalam virtual reality (VR), augmented reality (AR) atau hanya di layar, janji metaverse adalah untuk memungkinkan overlap yang lebih besar dari kehidupan digital dan fisik kita dalam kekayaan, sosialisasi, produktivitas, belanja, dan hiburan.

Bagaimana cara kerja Metaverse?

Metaverse adalah sosial. Ada banyak orang lain di sana, direpresentasikan sebagai avatar. Beberapa avatar ini mungkin bot, agen virtual, dan manifestasi kecerdasan buatan. Kalian dapat bergaul dengan orang lain atau bahkan melakukan sesuatu bersama.

Metaverse adalah representasi dunia nyata kedalam dunia digital, manusia akan direpresentasikan sebagai avatar.  Beberapa avatar mungkin bit, virtual agent, dan manifestasi dari kecerdasan buatan.  avatar-avatar ini dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan benda, sesama avatar dan lingkungan digital.

Apa yang bisa dilakukan di metaverse?

  • Berkomunikasi: Kalian akan dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan suara atau teks.
  • Navigasi: Kalian dapat menavigasi kata virtual melalui avatar Kalian. Ini adalah interaksi inti dari metaverse sebenarnya. Teman Kalian, orang lain atau bahkan perusahaan akan mendirikan toko, museum, permainan, rumah, kasino, dll. Kalian hanya perlu mencari mereka dan berinteraksi dengan mereka.
  • Buat: Kalian akan dapat membangun hal-hal Kalian sendiri seperti, struktur / bangunan dan menampilkannya ke seluruh dunia maya. Misalnya.,

Apa contoh metaverse?

Berikut adalah beberapa contoh metaverse yang paling populer.

  • Somnium Space. Somnium Space adalah platform pembangun dunia VR yang mendukung perdagangan dan kepemilikan real estat virtual. Ini dibangun di atas arsitektur blockchain dan memiliki mata uang dalam aplikasi sendiri yang disebut Somnium Cubes yang dapat digunakan untuk membeli properti. Penjualan properti VR bertindak sebagai pendanaan utama untuk platform, dan real estat dalam platform dapat digunakan untuk hal-hal seperti jejaring sosial, e-commerce, game, dan acara.
  • IMVU. IMVU adalah jaringan sosial 3D berbasis avatar besar di mana pengguna dapat berinteraksi dengan teman, berbelanja, nongkrong di pertemuan, dan mendapatkan uang nyata dengan membuat produk virtual. 7+ juta pengguna platform menghabiskan rata-rata 55 menit sehari di situs.
  • Decentraland. Decentraland adalah platform berbasis browser dunia virtual 3D. Pengguna dapat membeli sebidang tanah virtual di platform sebagai NFT melalui cryptocurrency MANA, yang menggunakan blockchain Ethereum. Dibuka untuk umum pada Februari 2020, dan diawasi oleh Yayasan Decentraland nirlaba.
  • The Sandbox. Sandbox adalah dunia virtual di mana pemain dapat membangun, memiliki, dan memonetisasi pengalaman bermain game mereka di blockchain Ethereum. The Sandbox memungkinkan pemainnya untuk membeli tanah, membangun gedung di atasnya, lalu menjualnya melalui marketplace NFT. Bahkan, dengan the sandbox Kalian di mungkinkanmu untuk merancang game Kalian sendiri.

Perusahaan yang bekerja di Metaverse Technologies

  • Microsoft: Raksasa perangkat lunak ini sudah menggunakan hologram dan sedang mengembangkan aplikasi mixed and extended reality (XR) dengan platform Microsoft Mesh-nya, yang menggabungkan dunia nyata dengan augmented reality dan virtual reality. Awal bulan ini, Microsoft memamerkan rencananya untuk menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams pada tahun 2022. Juga sedang dikerjakan untuk tahun depan: ruang terhubung virtual 3D yang dapat dijelajahi untuk ritel dan tempat kerja. Angkatan Darat A.S. saat ini bekerja dengan Microsoft pada headset augmented reality Hololens 2 bagi tentara untuk berlatih, berlatih, dan bertarung. Selain itu, Xbox Live telah menghubungkan jutaan pemain video game di seluruh dunia.
  • Meta: Raksasa teknologi yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook telah melakukan investasi signifikan dalam realitas virtual, termasuk akuisisi Oculus pada 2014. Meta membayangkan dunia virtual di mana avatar digital terhubung melalui pekerjaan, perjalanan, atau hiburan menggunakan headset VR.
  • Epic Games: Tim Sweeney adalah CEO Epic Games. Dia mengatakan bahwa Epic Games sudah berinvestasi dalam membangun metaverse. Epic Games telah mengembangkan “Fortnite”, video game bergaya battle-royale populer yang meraup lebih dari $2,5 miliar pada tahun 2018. Epic Games juga membawa game seperti “Gears of War” ke arus utama. Epic Games sedang mengembangkan manusia digital fotorealistik dengan pencipta Meta manusianya, yang bisa menjadi cara Kalian menyesuaikan doppelganger digital Kalian di game dunia terbuka di masa depan.
  • Roblox: Platform, didirikan pada tahun 2004, menampung sejumlah game yang dibuat pengguna, termasuk penawaran permainan peran seperti Bloxburg dan Brookhaven, di mana pengguna dapat membangun rumah, bekerja, dan bermain skenario. Roblox sekarang bernilai lebih dari $45 miliar setelah go public tahun ini. Roblox telah bekerja sama dengan perusahaan sepatu skateboard Vans untuk menciptakan Vans World, sebuah taman skateboard virtual di mana pemain dapat berdandan dengan perlengkapan Vans yang baru dan membuka Gucci Garden yang terbatas, di mana Kalian dapat mencoba dan membeli pakaian dan aksesori untuk diri virtual Kalian.
  • Unity. Unity Software Inc (U.N), yang mengembangkan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang video game, adalah perusahaan lain yang dapat menjual alat atau teknologi yang digunakan untuk membangun metaverse.
  • Snap. Pemilik Snapchat, Snap Inc (SNAP.N) telah lama membuat avatar khusus dan filter augmented reality untuk melapisi fitur digital di dunia nyata. Tahun ini meluncurkan kacamata augmented reality pertama, tersedia bagi pengembang untuk bereksperimen dengan menciptakan pengalaman untuk kacamata.
  • Autodesk. Perusahaan perangkat lunak cloud Autodesk (ADSK.O) membuat program yang digunakan oleh arsitek dan insinyur untuk merancang dan membuat bangunan dan produk. Perangkat lunaknya juga digunakan untuk membangun dunia virtual untuk game dan hiburan.
  • Tencent. Raksasa teknologi China Tencent Holdings Ltd (0700.HK) adalah perusahaan video game terbesar di dunia berdasarkan pendapatan dan memiliki saham di studio game besar seperti Epic Games dan Activision Blizzard. South China Morning Post melaporkan tahun ini bahwa Tencent telah mendaftarkan banyak merek dagang terkait metaverse untuk situs sosialnya QQ.
  • Amazon. Raksasa e-niaga Amazon.com Inc (AMZN.O), yang merupakan vendor layanan cloud terbesar di dunia dan memiliki banyak penawaran media, juga dipandang sebagai pemain potensial di metaverse.

Bagaimana cara masuk ke metaverse?

Walaupun metaverse masih dalam pengembangan, namun ada beberapa fiturnya yang dapat kalian coba yaitu:

  • Main Video Game Online.  Video game adalah contoh yang sangat baik tentang seperti apa metaverse itu. Alasan utama untuk itu adalah kemampuan mereka untuk menunjukkan kepada kita dunia digital yang sepenuhnya berkembang bahwa siapa pun dapat bergabung. Dengan demikian, game multiplayer besar dengan dunia terbuka besar cenderung paling dekat dengan gagasan metaverse.
  • Konser Virtual. Konser virtual juga merupakan contoh apa itu metaverse. Konser virtual membawa pertunjukan langsung kepada Kalian, langsung dari rumah Anda sendiri. Konser virtual dapat disiarkan langsung di situs streaming seperti YouTube dan Facebook Live.
Konser Virtual Metaverse
  • Virtual Reality. Langkah selanjutnya untuk bergabung dengan metaverse adalah menggunakan VR. Headset Oculus Quest mungkin adalah pilihan terbaik yang tersedia, tetapi Kalian juga bisa mendapatkan versi cardboard yang harganya jauh lebih murah. Jika Kalian memilih yang terakhir, Kalian hanya perlu smartphone dan beberapa aplikasi VR atau video YouTube 360.
  • Jelajahi Eksperimen Crypto, NFT, dan Metaverse. Berbeda dengan mata uang yang ditemukan dalam videogame, cryptocurrency dapat digunakan di dunia nyata. Koin seperti Ethereum, yang terdesentralisasi dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet, menawarkan banyak kemungkinan baru.

Kesimpulan

Metaverse adalah kata panas yang akhir-akhir ini semua orang di sekitar kita membicarakan ingin mempelajarinya. Dan kalian sudah mengetahui apa itu metaverse. Dunia 3D virtual ini memiliki potensi besar untuk menghadirkan peluang luar biasa. Tetapi tentu juga memiliki risiko di luar bayangan Kalian. Metaverse masih terus berkembang. Mari kita lihat bagaimana Metaverse dibeberapa tahun-tahun mendatang dan bagaimana dunia berubah karenanya.

Beri komentar